Thursday 10 October 2013

Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Wanita sering mengalami tekanan darah rendah. Gejalanya mirip dengan anemia, tetapi keduanya memiliki sumber masalah yang berbeda. Anemia adalah keadaan seseorang kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sedangkan tekanan darah rendah adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang kurang dari ukuran normal. Tekanan darah berhubungan dengan kemampuan jantung memompa darah.

Orang dewasa normal rata-rata memiliki tekanan darah 120/90 mm/Hg. Tekanan darah bisa bertambah seiring dengan perubahan umur. Gejala yang sering timbul pada penderita tekanan darah rendah adalah pusing, terutama tiba-tiba melakukan perubahan posisi tubuh (misalnya dari membungkuk kemudian posisi tubuh lurus).

Untuk meyakinkan apakah Anda mengalami tekanan darah rendah, lakukan pemeriksaan tekanan darah. Jika hasilnya sekitar 90/60 mm/Hg berarti Anda memang mengalami tekanan darah rendah. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara berikut:

Ubah Posisi Tubuh Pelan-Pelan

Agar tidak terasa pusing, sebaiknya Anda tidak melakukan gerakan tiba-tiba. Saat bangun tidur, dari posisi berbaring ke posisi duduk, lakukan perlahan. Demikian juga bila Anda jongkok, berdirilah perlahan. Untuk sahabat Muslimah, lakukan gerakan salat secara perlahan.

Olahraga Teratur

Lakukan olahraga teratur, tidak perlu olahraga berat, cobalah berenang dua hingga tiga kali seminggu. Jalan santai 30 menit atau jogging juga bisa meringankan gejala tekanan darah rendah.

Konsumsi Air

Konsumsi cukup air setiap hari, sekitar 8 hingga 10 gelas setiap hari. Saat tubuh mendapat cukup air, maka air dapat meningkatkan volume darah.

Makanan Sehat

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, daging merah juga bagus untuk meningkatkan tekanan darah, pilih daging merah tanpa lemak yang dimasak dengan cara rebus atau panggang.

Jika cara di atas sudah Anda lakukan tetapi tekanan darah masih rendah dan merasa tidak nyaman, segera konsultasikan ke dokter.

0 komentar:

Post a Comment

 

Counter

Web Counter

Trend

© 2013 Indahnya Tips Kesehatan . Designed by dian arjunayusuf, Powered by Blogger